-->

Ikan Guppy Dragon : Habitat hingga Cara Berkembang Biak

Ikan Guppy Dragon - Untuk Ikan guppy jenis ini banyak diminati oleh para kolektor ikan hias di Indonesia. Ikan Guppy Dragon merah memiliki sirip yang melebar ke samping dan dikenal dengan nama delta tail. Coraknya juga sangat unik dengan kombinasi warna yang beragam.

Ikan Guppy Dragon

Ikan guppy dragon (Poecilia reticulata) Ikan guppy ini terkenal dengan warnanya yang beragam; memiliki nuansa kuning, ungu, biru, merah, oranye. Baik jantan maupun betina berwarna-warni. Ikan guppy dragon suka makan di sekitar permukaan air tengah dan bawah tetapi suka hidup di permukaan air atas.

Mereka disebut Dragon karena mereka tidak takut dan selalu ingin melompat keluar dari tangki mereka. Yang terbaik adalah jika Anda menutupi tangki atau akuarium yang Anda stok atau menurunkan tingkat air tangki sehingga mereka tidak akan bisa melompat keluar.

Ikan Guppy Dragon
ilustrasi ikan guppy dragon

Tidak disarankan memelihara guppy dragon dengan udang, salah satu makanan favoritnya adalah udang, dan yang terbaik adalah menyimpannya dalam jumlah kecil agar tidak memangsa yang lemah. Ikan guppy dragon suka makan makanan berdaging seperti udang yang kami sebutkan sebelumnya, pettets, makanan serpihan, tubifex kering, cacing darah, dan sejenisnya.

Habitat Ikan Guppy Dragon

Ikan guppy dragon sebagian besar berukuran 1-1,5 inci sementara ada beberapa Dragon yang lebih besar dari 2,5cm tetapi tidak lebih dari 6,3cm. Dragon betina seringkali lebih besar dari dragon jantan. Mereka tumbuh subur di akuarium dengan setidaknya sepuluh galon air dan guppy Dragon bertahan hidup pada suhu air dalam 64° – 82° F (18° – 27,7° C) dan PH 5,5 – 8,0.

Mereka adalah perenang yang gesit, spesies guppy sangat aktif di akuarium dan saling mengejar sepanjang hari, tetapi Anda dapat mencegah Dragonfish yang kuat mengganggu yang lemah dengan menyediakan ruang persembunyian yang cukup. Tiga guppy Dragon direkomendasikan untuk tangki sepuluh galon, meskipun enam sampai sepuluh Dragonfish dapat disimpan dalam tangki dua puluh galon.

Baca juga : Ikan Guppy : Sejarah, Jenis, Perawatan hingga Cara Pengembangbiakan

Ikan Guppy Dragon Berkembang Biak

Setelah seekor guppy Dragon berusia enam puluh hingga sembilan puluh hari, mereka menjadi dewasa untuk melahirkan setidaknya dua puluh guppy, dan mereka terus melahirkan bayi Dragon setiap 30 hari. Anda juga akan tertarik untuk mengetahui bahwa mereka dapat hidup setidaknya selama dua tahun, dan mereka dapat hamil melalui sperma yang sudah tersimpan di dalam tubuh mereka, sama seperti ikan guppy lainnya.

Ada spesies guppy dragon yang populer disebut guppy dragon merah. Sesuai dengan namanya, ia memiliki ekor kemerahan, sirip keperakan, dan bagian tubuh lainnya biasanya berwarna hitam. Ikan guppy dragon merah jantan biasanya berwarna-warni tetapi ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan betina, yang tidak sewarna jantan.

Kesimpulan

Dragonfish suka hidup di air tawar dan air hangat. Inilah sebabnya mengapa mereka tidak ditemukan di mana-mana di dunia, dan mereka tersebar luas di Amerika Selatan, di mana mereka membantu mengendalikan populasi nyamuk.

Anda akan membutuhkan pemanas jika Anda ingin memelihara spesies ini di akuarium. Mereka juga dapat disimpan dengan Platies, Corydoras, Tetras, Gouramis tetapi jauhkan mereka dari duri dan tetra agresif.

Jika Anda berencana untuk memelihara guppy dragon, pastikan Anda memiliki tutup (cover) di dalam tangki karena mereka suka melompat, dan mereka suka makan selada, udang, kacang polong, makanan apa pun yang berdaging atau berprotein tinggi.

Demikian penjelasan dari saya tentang mengenali Ikan Dragon Guppy untuk anda yang penasaran semoga bermanfaat, terimakasih.