-->

Ikan Guppy Cobra : Begini Cara Memeliharanya Agar Tak Mati Mendadak

Ikan Guppy Cobra - Jenis Ikan guppy yang satu ini memiliki ciri khas pola tubuh seperti kulit ular dengan dominasi warna merah pada bagian ekor dan siripnya. Pada seluruh tubuh ikan guppy cobra jantan yang memiliki kombinasi warna seperti hitam, putih atau kuning.

Banyak ikan guppy memiliki pola seperti kulit ular, karena pola ini yang pertama kali diidentifikasi. Pada artikel ini saya akan membahas  Ikan Cobra Guppy . Berikut yang harus diperhatikan supaya ikan tidak mati mendadak.

Alasan Ikan Guppy Cobra Mati Mendadak

Berikut ini beberapa penyebab ikan Guppy mati mendadak, kamu harus tahu! 

ikan guppy cobra
ilustrasi ikan guppy cobra


Terkejut Dengan Suhu Air

Ikan guppy membutuhkan suhu air yang tepat untuk tetap hidup. Idealnya, ikan guppy membutuhkan air dengan suhu antara 22 dan 27 derajat Celcius. Jika suhu air terlalu dingin, metabolisme ikan guppy akan melambat. 

Baca Juga :  Ikan Guppy Dragon : Habitat hingga Cara Berkembang Biak

Akibatnya, ikan bisa menjadi lesu, kurang nafsu makan, meningkatkan risiko sembelit, dan melemahkan sistem kekebalan tubuhnya. Sedangkan jika suhu air terlalu panas, ikan akan menjadi terlalu energik. Setelah Anda mengetahui suhu air yang ideal untuk guppy Anda, pastikan suhunya tidak turun terlalu cepat.

Karena hal ini dapat menyebabkan guppy mati secara tiba-tiba. Hal ini dapat terjadi walaupun penurunan suhu masih dalam batas normal. Berinvestasi dalam pemanas berkualitas dapat menjadi cara untuk memantau suhu air secara akurat.

Ikan Guppy Cobra mengalami Sindrom akuarium baru

Jika guppy ditempatkan di akuarium yang belum sepenuhnya didaur ulang, maka ikan tersebut berisiko mati mendadak. Sebab, di akuarium yang belum sepenuhnya didaur ulang tidak akan ada bakteri yang menangani bioload atau jumlah makhluk hidup di akuarium.

Kondisi ini bisa membuat ikan guppy mati karena keracunan amonia. Cara mengatasinya adalah menunggu lima hingga enam minggu agar akuarium sepenuhnya didaur ulang. Jangan tambahkan ikan apa pun ke dalamnya. Namun, jika Anda sudah menambahkan ikan ke dalamnya, cobalah mengganti air setiap hari untuk menjaga kadar amonia di dalam akuarium tetap rendah.

Juga, tambahkan detoksifikasi amonia untuk membuat amonia di dalam tangki tidak berbahaya bagi ikan, sambil tetap membiarkannya di dalam tangki untuk memberi makan bakteri baik. Keracunan Amonia Penumpukan amonia dapat terjadi dengan sangat cepat jika kita tidak merawat akuarium dengan benar.

Jika itu terjadi, maka tak heran ikan guppy di akuarium bisa cepat mati. Jadi jika Anda melihat salah satu guppy Anda mati mendadak, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa parameter air untuk memastikan tidak ada penumpukan amonia. Untuk mencegahnya, pastikan tangki memiliki filter dan ganti air secara teratur. Dengan begitu, penumpukan amonia yang merugikan ikan akan minimal.

Bahan kimia yang masuk kedalam akuarium Ikan Guppy Cobra

Penyebab umum lain ikan guppy mati mendadak adalah jika bahan kimia masuk ke dalam tangki padahal seharusnya tidak ada. Misalnya, jika Anda lupa menambahkan pemurni air ke akuarium Anda, itu bisa meracuni ikan.

Tidak hanya itu, bahan kimia seperti deodoran yang masuk ke akuarium juga bisa membuat guppy dalam kondisi yang fatal.  Untuk menghindari hal ini, gunakan pemurni air setiap kali menambahkan air baru ke tangki untuk menghilangkan klorin dan kloramin.

Selain itu, tutupi akuarium untuk mengurangi kemungkinan bahan kimia dari udara masuk ke dalam air. Terakhir, pastikan memiliki media filter kimia untuk menghilangkan bahan kimia yang akan masuk ke akuarium.

Baca Juga : Ikan Guppy : Sejarah, Jenis, Perawatan hingga Cara Pengembangbiakan

Terlalu Banyak Pakan

Beri makan guppy dewasa sekali sehari. Memberi ikan terlalu banyak makanan justru bisa memicu masalah kesehatan. Hal ini karena pakan yang tidak dimakan akan mencemari air. Memberi guppy berbagai pakan berkualitas dapat memperpanjang umurnya. Serpihan, sayuran, tablet spirulina, dan cacing darah beku semuanya bisa menjadi pilihan yang baik.

Demikian penjelasan dari saya tentang yang perlu diperhatikan agar Ikan Guppy Cobra tidak mati mendadak sempga bermanfaat, terimakasih.