-->

Ikan Cupang Plakat, Begini Cara Merawat Sirip Dan Ekor Yang Benar

Ikan Cupang Plakat - Kali ini saya akan membahas tentang ikan cupang  plakat, cara merawat sirip dan ekor ikan kesayangan anda. Tahukah Anda, nama Plakat diambil dari bahasa Thailand yang artinya bertarung. Karena itulah Ikan Cupang Plakat  jenis ini biasanya dipelihara sebagai ikan aduan.

Meski begitu, mereka memiliki penampilan yang tak kalah menarik, lho. Cupang plakat khas dengan sirip dan ekornya pendek namun terlihat bengkak. Warnanya pun beragam, seperti jenis lainnya. Karena digandrungi banyak orang, ikan cupang Plaka bisa dijual hingga Rp. 1 juta.

Menyaksikan ekor dan sirip ikan cupang yang mengembang sempurna memang menyenangkan. Sebab, pada saat itulah keindahan cupang yang sebenarnya terlihat jelas. Bukan rahasia lagi bahwa kecantikan cupang sangat bergantung pada kesempurnaan ekor dan siripnya. Bahkan, tidak hanya itu. Sehat atau tidaknya cupang juga ada di bagian ini.

Lantas, bagaimana jika sirip dan ekor cupang terganggu atau sobek, misalnya? Jelas, akibatnya bisa fatal. Yang pasti, nilai jual cupang bisa turun tajam. Bahkan, mungkin tidak laku lagi. 

ikan cupang plakat
Ilustrasi ikan cupang plakat

 

Penyebab Sirip dan Ekor Ikan Cupang Plakat Rusak

Nah, agar kondisi ini tidak terjadi, mungkin juga perlu ditelusuri beberapa kasus yang sering membuat sirip atau ekor cupang menjadi rusak atau sobek.

Digigit sendiri

Tak jarang sirip atau ekor ikan cupang sobek karena ulahnya sendiri. Bagaimana bisa? Sangat mungkin. Karena sifatnya yang agresif dan liar, biasanya cupang memakan ekor dan siripnya sendiri saat lapar. Kasus ini sering terjadi saat cupang sedang dalam proses pengiriman yang memakan waktu lama.

Baca Juga : Ikan Cupang : Sejarah, Perawatan, Jenis hingga Cara Berkembang Biak

Kasus lain yang sering membuat cupang menggigit sirip dan ekornya sendiri karena tidak bisa melihat dengan baik. Ini juga bisa terjadi selama pengiriman. Biasanya cupang dibungkus dengan plastik dan ditutup dengan tisu atau semacamnya, di dalam kotak pengiriman.

Karena situasi gelap, ketika ia menekuk ekornya ke samping dan mengenai kepala, cupang secara refleks akan menggigitnya. Hal ini terjadi karena instingnya sendiri sebagai seorang petarung. Menggigit sendiri sirip dan ekor juga dapat terjadi dalam kasus lain.

Ikan cupang yang dipelihara dalam wadah yang relatif kecil seringkali membuat ikan tidak bisa bergerak bebas. Di sisi lain, kotoran dan sisa pakan yang mengendap di dasar sering membuatnya stres. Tidak jarang cupang menggigit sirip atau ekornya sendiri.

Pertarungan

Kerusakan yang paling mungkin terjadi pada sirip dan ekor cupang tentu saja karena berkelahi. Hal ini terutama terjadi pada jenis keluhan cupang. Sebuah kondisi yang sangat alami mengingat perannya sebagai makhluk yang bertarung. Saling serang dan tentu saja saling merobek. Tak aneh jika sirip dan ekor yang selalu menjadi sasaran serangan lawan menjadi sobek.

Efek Pernikahan

Perkawinan juga sering diramalkan sebagai penyebab rusaknya sirip dan ekor cupang. Asal tahu saja, sifat agresif cupang juga terbawa dalam proses pernikahan. Sepintas, tidak ada yang mengira bahwa perilakunya yang suka berkelahi itu sebenarnya dalam proses pernikahan. Kebiasaan unik ini seringkali membuat ekor dan sirip ikan cupang sobek.

Penyakit

Terakhir, yang juga sering menyebabkan ekor dan sirip ikan cupang sobek, tentu saja karena penyakit. Di kalangan masyarakat pecinta cupang, penyakit ini dikenal dengan istilah rot fin. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri dan selalu mengincar ekor cupang.

Biasanya, sirip yang membusuk akan merusak ekor cupang. Dan, bakteri ini muncul karena kualitas air yang buruk. Dan, bisa jadi cupang lagi stres, mau tidak mau membuat sistem kekebalan tubuh rentan. 

Lantas, Bagaimana Cara Merawat Sirip dan Ekor Ikan Cupang Plakat yang Baik dan Benar?

Tentu saja bisa, itu mungkin dan tidak sulit. Semua orang jelas bisa melakukannya. Bisa jadi, karena semua tips yang harus dilakukan terbilang standar, tidak berbeda dengan cara memelihara cupang itu sendiri. Latihan, seperti ini:

  • ·         Jaga kondisi air
  • ·         Pakan bernutrisi tinggi
  • ·         Ganti Air

Demikian penjelasan dari saya tentang cara merawat sirip dan ekor Ikan Cupang Plakat Yang Benar semoga bermanfaat, terimakasih.