-->

Ikan Cupang Halfmoon : Begini Cara Memelihara yang Benar!

Ikan Cupang Halfmoon - Memelihara ikan cupang sebenarnya tidak mudah, apalagi Ikan Cupang Halfmoon, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ikan tetap sehat dan tidak cepat mati. Mengapa demikian? Karena dari pengalaman pribadi saya pertama kali memelihara ikan cupang sebagai pemula, banyak ikan cupang yang saya pelihara mati.

Kemudian setelah saya belajar dari beberapa penghobi yang sudah lama menggeluti ikan cupang dan mempraktekkannya, alhamdulillah ikan yang saya pelihara sehat dan tumbuh dengan baik. Oleh karena itu, saya ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman agar ikan cupang tersebut sehat, tumbuh dengan baik, dan tidak cepat mati.

Dalam memelihara ikan cupang, faktor yang perlu diperhatikan adalah faktor air dan faktor pakan. Pengaturan air yang baik, mengubahnya secara teratur penting dalam memelihara ikan cupang. Oke langsung saja kita bahas cara beternak ikan cupang yang benar.

Ikan Cupang Halfmoon

Halfmoon merupakan salah satu ikan cupang yang populer dan disukai oleh para pecintanya. Hal ini karena mereka memiliki sirip dan ekor yang dapat mengembang lebar hingga terlihat seperti bulan sabit. Berbeda dengan ikan cupang lainnya yang memiliki warna mencolok, pola halfmoon biasanya lebih netral dan teduh. Misalnya merah tua, putih. biru muda, atau bahkan hitam.

 

Ikan Cupang Halfmoon
ilustrasi ikan cupang halfmoon

Segini harga Ikan Cupang Halfmoon 

Harganya mencapai Rp. 3 juta. Bahkan di pelelangan ikan di Thailand, halfmoon berhasil terjual hingga Rp. 8 juta lho. Namun di berbagai marketplace Indonesia, kamu bisa mendapatkan brooder halfmoon seharga Rp. 200 ribu menjadi Rp. 300 ribu.

Memelihara Ikan Cupang Dengan Benar

ketika anda sudah membeli ikan hias ini, pastikan bahwa Anda sudah paham seperti apa dan bagaimana cara memeliharanya. Bagi kalian yang masih awam untuk memelihara ikan hias ini begini caranya merawatnya:

Gunakan Air Yang Baik

Yang dimaksud dengan air yang baik adalah air sumur (ground water). Bisa langsung dipakai atau lebih baik didiamkan sehari, biasanya saya ambil dari mandi, tidak masalah dibiarkan. Namun jika menggunakan air PAM sebaiknya didiamkan selama sehari, dan ambil air atasnya saja.

Baca Juga : Ikan Cupang : Sejarah, Perawatan, Jenis hingga Cara Berkembang Biak

Mengganti Air Baru Dan Beri Sedikit Garam

Saat mengganti air baru, beri sedikit garam pada air ikan cupang, atau jika ada berikan obat ikan seperti biotik atau methyl blue yang banyak tersedia di toko ikan. Pengalaman saya kalau airnya tidak diberi biotik atau methyl blue, kadang ikannya kena jamur (bintik putih, dll) dan bisa menyebabkan kematian. Selain obat ikan, Anda juga bisa memberikan daun ketapang kering, cukup celupkan ke dalam wadah ikan seperti kita membuat teh.

Air Diganti Setiap 3-5 Hari

Air diganti setiap 3-5 hari sekali, atau bila air terlihat kotor, semakin sering semakin baik. Anda juga bisa memberikan ramuan agar warna ikan cupang cerah atau ramuan agar sirip ikan cupang bisa mengembang luas, tidak lengket, apalagi bulan sabit

Beri Makan Ikan Cupang Anda Secara Teratur

Ikan cupang bisa makan banyak, tapi saya sarankan memberi makan cupang Anda dengan kutu air, jentik nyamuk, atau pelet cupang kecil. Makanan ikan cupang selengkapnya bisa dibaca disini  Yang perlu diperhatikan saat memberi makan ikan cupang adalah jumlahnya, jangan terlalu banyak.

Karena sisa makanan akan membuat air cepat keruh, terutama pelet yang berlebih. Untuk pelet bisa diberikan 10 butir saja. Pemberian pakan ikan cupang bisa dilakukan 1-2 kali sehari, pagi, siang atau malam, sesuaikan porsinya.

Treatment Ini Berlaku Untuk Semua Jenis Ikan Cupang

Begitulah cara merawat ikan cupang dengan baik, jika perawatan dan pemeliharaan ikan cupang dilakukan dengan benar insya Allah tidak cepat mati.

Demikian penjelasan dari saya tentang tips memelihara Ikan Cupang Halfmoon semoga bermanfaat, terimakasih