-->

Tanaman Aquascape Tanpa Co2 Terbaik

Tanaman Aquascape Tanpa Co2 - Aquascape adalah jenis tanaman yang sering ditempatkan di akuarium. Seperti jenis tanaman lainnya, tanaman aquascape juga membutuhkan CO2 untuk dapat melakukan fotosintesis.

Jadi, jika Anda ingin menempatkan aquascape di akuarium, Anda membutuhkan tabung CO2 agar dapat memasok CO2 untuk tanaman. Tapi, tahukah Anda? jika ada jenis tanaman aquascape yang bisa hidup tanpa CO2.

Untuk itu kali ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis tanaman aquascape tanpa Co2 dan perawatan yang mudah. Ada beberapa jenis tanaman aquascape yang baik-baik saja tanpa menambahkan CO2 terutama untuk tanaman yang dapat hidup dalam cahaya rendah dan tidak berakar.

Anda bisa memilih jenis tanaman aquascape yang cocok untuk hidup tanpa Co2 dengan syarat harus mengganti air sebanyak 30% secara rutin setiap 4 hari sekali atau seminggu sekali dan menjaga suhu di dalam akuarium tidak lebih dari 30 derajat Celcius. Berikut adalah beberapa Jenis Tanaman Aquascape Tanpa Co2.

Jenis Tanaman Aquascape Tanpa Co2

Beberapa jenis tanaman Aquascape tanpa Co2 yang bisa kalian budidaya atau gunakan untuk hiasan aquariummu:

Lilaeopsis

Lilaeopsis adalah salah satu jenis tanaman aquascape yang termasuk dalam keluarga rimpang dan paling cocok untuk pemula, karena tanaman ini mampu menutupi media tanam (karpet atau penutup bawah) di akuarium.

Lilaeopsis memiliki bentuk seperti rumput yang tumbuh di sekitar kita. Tanaman ini mampu tumbuh dengan cepat di akuarium dan tingginya mencapai 5cm. Untuk itu, Anda harus memangkasnya secara rutin, jika tidak tanaman lain akan ditumbuhi tanaman Lilaeopsis.

Tanaman Aquascape Tanpa Co2 selanjuta ada Microsorum Pteropus

Microsorum pteropus atau pakis jawa adalah jenis tanaman aquascape yang pertama kali ditemukan di Asia Tenggara. Tumbuhan ini tumbuh di alam liar dan menempel di bebatuan sungai. Java fern sangat disarankan untuk dijadikan tanaman aquascape karena jenis tanaman ini tidak terlalu sulit perawatannya dan tidak terlalu membutuhkan CO2. 

Tanaman Aquascape Tanpa Co2
ilustrasi Tanaman Aquascape tanpa Co2

 

Fissiden Moss

Fissiden Moss pertama kali menjadi populer di Amerika Utara. Fissiden Moss memiliki bentuk yang kecil, lembut dan halus, dengan proses perawatan yang sangat mudah. Meskipun Fissiden Moss dapat hidup tanpa Co2, disarankan agar Anda memberikan CO2 untuk pertumbuhan tanaman yang lebih baik. Fissiden Moss memiliki pertumbuhan yang lambat, namun ketika tumbuh Fissiden Moss akan tumbuh sangat subur. Jenis tanaman ini paling baik ditempatkan di bebatuan atau kayu.

Riccia Flitans, Tanama Aquascape tanpa Co2 yang biasa tumbuh di batu atau kayu

Riccia Flitans merupakan jenis tanaman aquascape yang dapat mengapung dan bukan merupakan tanaman karpet seperti lumut fissiden. Riccia Flitans memiliki bentuk fisik yang bulat, ramping dan rata. Riccia Flitans jenis tanaman aquascape tanpa kehadiran co2. Meski hidup mengapung, Riccia Flitans bisa tumbuh subur dalam kondisi terendam sehingga tanaman bisa tumbuh menempel di bebatuan atau kayu.

Anubias

Anubias merupakan golongan tanaman akar-batang atau rimpang yang cocok digunakan sebagai tanaman aquascape dan dapat tumbuh hingga 12 cm tanpa adanya CO2. Secara fisik, tanaman ini memiliki warna hijau agak gelap dan dapat hidup pada kondisi air dengan suhu paling rendah. Tanaman anubias jenis ini sangat mudah kita temukan di sekitar kita, seperti di persawahan, sungai atau waduk.

Bacopa monnieri, Tanaman Aquascape tanpa Co2 yang tumbuh di pinggir danau

Bacopa monnieri adalah jenis tanaman aquascape yang mudah ditemukan di sekitar kita, seperti di sawah, sungai atau danau atau di pinggiran kolam kecil. Selain itu, tanaman jenis ini juga mudah perawatannya, Anda bisa memberikan cahaya sedang dengan kebutuhan CO2 sedang. Tanaman ini sering terendam air hujan seluruhnya, sehingga tanaman ini tidak bisa tumbuh di air.

Bucephalandra Sp

Tanaman bucephalandra merupakan salah satu tanaman aquascape yang mudah perawatannya dan mudah ditemukan di sekitar kita. Bucephalandra memiliki bentuk daun yang mirip dengan spesies cryptocoryne. Spesies Bucephalandra banyak ditemukan di daerah tropis seperti Kalimantan dan sekitarnya.

Demikian penjelasan dari saya tentang mengetahui Jenis Tanaman Aquascape Tanpa Co2 semoga bermanfaat, terimakasih.