-->

Bedanya Ikan Molly Balon Jantan atau Betina

Ikan Molly Balon Jantan atau Betina - Apa perbedaan ngengat balon jantan dan betina? Ikan balon memiliki nama asli ikan lunak (Poelicia latiphinna). Dalam bahasa Inggris, ikan ini disebut sebagai Sailfin molly atau Ikan Molly Balon.

Julukan balon yang disematkan pada ikan ini bukan tanpa alasan karena perutnya yang buncit dan tegang saat dewasa.  Sehingga ikan ini terlihat begitu cantik dan menggemaskan. Ikan balon juga memiliki warna yang menarik tergantung dari jenis varietasnya.

Salah satu yang paling populer adalah ikan moly hitam yang memiliki warna kain hitam. Daya tarik lain yang dimiliki oleh ikan ini adalah gerakannya yang sangat lincah. Tentu saja karena ukuran tubuh ikan ini tergolong kecil, yaitu kurang dari 12 cm.

 

Ikan molly balon
ilustrasi ikan molly balon

Ikan Molly Balon Jantan

Kulit ikan jantan memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih lambat dibandingkan dengan ikan betina. Jadi pada usia yang sama, ukuran tubuh pria lebih pendek. Namun pertumbuhan sirip jantan jauh lebih cepat sehingga otomatis ukuran sirip lebih panjang dan lebar dibandingkan dengan ngengat betina.

Ikan jantan juga memiliki tubuh yang lebih ramping, gerakan yang lebih lincah, dan warna tubuh yang lebih cerah. Di belakang sirip perut ikan balon jantan adalah gonopodium yang terbentuk sebagai tonjolan. Gonopodium adalah perubahan sirip ekor menjadi sirip panjang. Tepatnya, inilah alat kelamin ikan moly jantan.

Ikan Molly Ballon Betina

Sedangkan ikan lunak betina memiliki pose tubuh yang lebih gemuk. Bentuk perut melebar dengan ukuran sirip sedang atau normal. Alat kelamin ikan balon betina berongga dan tidak memiliki gonopodium. Sebagian besar ikan betina ini memiliki warna tubuh yang lebih terang hingga kusam. Bedanya, bentuk kepala sedikit meruncing ke depan.

Perbedaan Ikan Molly Jantan Dan Betina

Ada tiga faktor pembeda yang dapat digunakan untuk menentukan jenis kelamin pohon cemara balon, yaitu:

Pose Tubuh

Secara garis besar, ikan lunak balon betina memiliki perut yang lebih bulat dibandingkan jantan. Dilihat dari atas, perut wanita terlihat penuh dan gemuk. Berbeda dengan softfish balon jantan, yang memiliki perut lebih ramping dan cenderung ramping.

Sirip Punggung

Jika diperhatikan dengan seksama, ukuran sirip punggung ikan jantan dan betina tidak sama, lho. Pada ngengat jantan, sirip punggungnya tinggi dan memanjang hingga ke ekor. Sedangkan sirip punggung ikan molifish betina berukuran kecil dan cukup pendek.

Sirip Anal

Perlu diketahui bahwa posisi sirip ini terletak di dekat anus ikan lunak balon. Sirip ekor yang melengkapi molibdenum jantan telah dimodifikasi menjadi organ seks yang disebut gonopodium. Sedangkan sirip ekor finfish betina berbentuk seperti kipas halus.

Ciri-Ciri Ikan Molly Balon Hamil

Apa ciri-ciri ikan molly balon hamil yang melahirkan? Salah satu ikan hias air tawar yang menjadi favorit para penghobi karena sangat mudah perawatannya adalah ikan molly balon. Ikan ini sangat populer karena memiliki bentuk tubuh yang lucu dan berwarna-warni.

Ikan ini juga suka bergerak lincah dan suka berbondong-bondong. Jadi akan terlihat bagus jika Anda memelihara setidaknya 6 ikan molly di setiap akuarium. Sebelumnya ia akan hamil selama 6-8 minggu. Dalam satu kali kebuntingan, ikan ini bisa melahirkan puluhan anak ayam molly.

Bahkan ikan ini bisa hamil lagi hanya dalam beberapa hari setelah melahirkan berkat kemampuannya menyimpan sel sperma. Ciri utama ikan molly balon betina hamil adalah perutnya yang besar dan bulat. Dalam kondisi normal, ikan molly betina memang memiliki tubuh yang gemuk dan akan bertambah gemuk lagi saat hamil.

Begitu juga saat masa kehamilan sudah mencapai lebih dari sebulan, tubuh ikan betina akan bertambah gemuk seolah-olah akan meletus. Indukan ikan balon akan melahirkan anak-anaknya jika kondisi habitatnya sesuai.

Demikian penjelasan dari saya tentang bedanya Ikan Molly Balon jantan atau betina semoga bermanfaat, terimakasih.