-->

Ikan Molly : Sejarah, Ciri, Perawatan, Penyakit hingga Menyembuhkannya

Ikan Molly sebagai salah satunya Ikan hias yang cukup terkenal di indonesia, bahkan juga mendapati Ikan hias murah ini bukan hal yang susah, karena secara mudah kita dapat mendapatinya di pasar atau toko Ikan Molly.

Ikan Hias cantik ini dikenali mempunyai karakter yang tenang dan cinta nyaman, jadi dapat dipadukan dengan Ikan kecil yang lain yang mempunyai kemiripan karakter tenang.

Disamping itu Harga Ikan Molly Cantik ini juga murah dan langkah memiaranya tidak memerlukan ketrampilan khusus yang repot dan makan banyak ongkos.

Asal Usul dan Sejarah Ikan Molly

Ikan Molly cantik ini adalah ikan yang dari perairan Meksiko, Florida, Virginia. Di komunitas aslinya di alam liar, ikan ini biasa tinggal pada temperatur 25° sampai 28° Celcius dengan pH sekitaran 8. 

Ikan Molly Murah
Ilustrasi Ikan Molly

Tetapi sekarang ini Molly telah terlatih hidup di pH normal yakni sekitaran 7. Ikan ini sebagai ikan yang kurang dapat sesuaikan peralihan temperatur yang cukup tinggi.

Ciri - ciri Ikan Molly

Wujud badan Ikan hias ini umumnya bundar dan mempunyai perut yang buncit. Dan mempunyai mulut yang maju di depan lempeng dengan matanya.

Mempunyai bola mata yang lumayan besar pas ada di belakang mulutnya. Molly mempunyai keunikan, yakni mempunyai bintik bintik kecil di semua badannya.

Cuman untuk tipe Molly Hitam / Black Molly berwarna hitam keseluruhannya seperti batu arang.

Jenis - Jenis Ikan Molly dan Harganya

Jenis ikan molly, jenis ikan molly termahal, jenis jenis ikan molly, jenis ikan molly dan harganya, jenis-jenis ikan molly, jenis ikan molly balon, jenis ikan molly terbaru, contoh jenis ikan molly, jenis jenis ikan molly balon, jenis jenis ikan molly dan harganya, jenis - jenis ikan molly. Berikut ini ada beberapa, dan dimulai dari: 

Ikan Molly Balon

Ikan molly balon adalah Ikan yang memiliki nama asli ikan lunak (Poelicia latiphinna). Dalam bahasa Inggris, ikan ini disebut sebagai Sailfin molly atau Ikan Molly Balon.

Salah satu yang paling populer adalah ikan moly hitam yang memiliki warna kain hitam. Daya tarik lain yang dimiliki oleh ikan ini adalah gerakannya yang sangat lincah. Tentu saja karena ukuran tubuh ikan ini tergolong kecil, yaitu kurang dari 12 cm. Penjelasan lengkap tentang ikan hias yang satu ini, kalian bisa baca artikel tentang Ikan Molly Balon

Sulitnya Perawatan Ikan Molly

Sebetulnya ikan hias sebagai ikan yang paling gampang untuk dipiara dan sebagai Ikan Molly yang gampang berkembangbiak.

Tetapi molly sebagai Ikan Molly yang paling peka dengan peralihan temperatur yang cukup mencolok, maka bila ingin memiara ikan ini, seharusnya harus benar-benar jadi perhatian berkaitan peralihan suhu.

Perawatan Ikan Molly di Akuarium

Siapkan akuarium yang cukup buat memuat ikan, ukuran akuarium bergantung jumlahnya ikan yang bakal dipiara, seharusnya beri lokasi yang lumayan luas tetapi tidak begitu luas.

Siapkan air dalam akuarium. Karena beberapa Ikan hias molly hidup di air payau, sebagian orang benar-benar mereferensikan untuk menaburkan garam ke air akuarium.

Tetapi tidak boleh kerjakan ini bila ada Ikan hias yang lain hidup bersama dalam akuarium itu. Karena dicemaskan ada spesies ikan yang lain peka sama air asin, bahkan juga dapat mengakibatkan kematian untuk ikan itu.

Sesudah ikan dimasukkan, janganlah lupa memberinya penerangan dengan memberinya lampu pada akuarium itu dan hidupkan lampu minimal sepanjang 8 jam - 12 jam satu hari, buat seperti pada komunitas aslinya bila terserang cahaya matahari.

Untuk jaga ikan masih tetap sehat dan terbebas dari beragam jenis penyakit, seharusnya ubahlah air secara berkala. Jika air mulai kotor cepatlah tukar air akuarium itu.

Ubahlah 2 atau tiga minggu sekali, minimal seperempat dari keseluruhan air dalam akuarium. Langkah ini untuk kurangi kandungan zat beresiko yang terkontaminasi dalam akuarium, yang bisa mengusik keberlangsungan hidup ikan.

Makanan Ikan Molly Agar Cepat Besar

Molly sebagai ikan omnivora, yang bakal makan pakan apa yang berada di dalam akuarium. Mereka menyenangi makanan alami, bikinan, atau makanan yang beku.

Beberapa Makanan yang baik untuk menolong pertumuhan ikan agar cepat besar, salah satunya ialah Cacing sutra, cacing darah, artemia.

Disamping itu dianjurkan memberinya makanan ikan penyeling dengan pakan pabrikasi, karena bila sering diberi pakan alami dapat memunculkan gempuran beragam jenis bakteri beresiko yang hidup terikut dari pakan alami.

Ikan Yang Dapat Dikombinasi dengan Ikan Hias yang satu ini

Karakter Ikan Molly molly yang cinta nyaman, tentu saja dapat dipadukan dengan beragam jenis Ikan Molly kecil lainnya. Tetapi perlu jadi perhatian tidak boleh memiara Ikan Molly ini dalam akuarim yang kecil karena ikan ini dapat beralih menjadi agresif.

Piaralah Ikan Molly molly dengan jumlah yang banyak, karena ikan ini sebagai Ikan Molly yang menyukai berdompol. Dan dapat bercampur secara baik dengan tipe ikan yang lain mempunyai kemiripan karakter tenang dan ukuran yang sama.

Ada banyak tipe ikan yang paling pas jika dikombinasi dengan ikan molly, seperti ikan platy, guppy, dan beberapa Ikan Molly kecil lainnya.

Daftar Penyakit Ikan Molly dan Langkah Menyembuhkannya

Ada 5 penyakit Ikan Molly yang tersering dijumpai, yakni :

1. White Spot

Penyakit bintik putih atau white ich, atau spot. Pemicu penyakit ikan yang ini ialah karena parasit namanya Ichtyopthirius multifiliis.

Penyakit ini akan serang sel-sel kulit ikan dan akan memunculkan bintik bintik putih di bagian sirip ekor ikan dan punggung.

Tentu saja penyakit ini segera dapat disaksikan secara mudah pada tipe ikan black molly, karena berwarna yang hitam.

Parasit ini akan secara mudah serang ikan yang depresi atau di saat ketahanan ikan sedang menurun.

Tanda-tanda Penyakit :

  • Ikan kerap ada pada permukaan air.
  • Kelihatan bintik putih pada sirip / kulit / insang.
  • Banyak keluarkan lendir pada kulitnya.

Langkah Menyembuhkannya :

1. Secara Kimiawi

  • Rendam ikan dalam larutan NaCL 25% sepanjang 10 sampai 15 menit.
  • Saran ikan ke larutan formalin 25mg per liternya, dengan ditambahkan malachite green 0,2 mg sepanjang 24 jam.

2. Secara Alami

  • Dengan memakai mahkota dewa.
  • Irislah 50 sisi, selanjutnya rebus dengan tiga gelas air (600 cc), sampai sisa satu gelas saja.
  • Saran ramuan ke akuarium, kerjakan langkah ini tiap air ditukar.

2. Gyrodactylus sp

Protozoa ini serang ikan molly di bagian kulitnya, penyerangannya ialah dengan menggerogoti kulit ikan, hingga bisa mengelurakan darah dan cedera.

Jika penyakit ini didiamkan, akan memunculkan penyakit yang fatal, seperti jamuran.

Tanda-tanda Penyakit :

  • Banyak lendir di bagian kulit luar ikan
  • Selera makan ikan akan menyusut mencolok
  • Kulit / tubuh terus akan keluarkan darah

Langkah Menyembuhkannya :

Secara Kimia

Rendamlah ikan dalam larutan formalin 2,5 ml sepanjang 10 menit dan NH4Cl sekitar 25 gr pada 1 ltr air sepanjang lebih kurang 15 menit.

Secara Alami

  • Beri ramuan daun sirih.
  • Rebus 20 helai daun sirih dengan tiga gelas air, rebus sampai air sisa satu gelas saja. Dinginkan, lalu saran ke akuarium.
  • Beri ramuan alami ini kembali saat menukar air.

3. Saprolegnia

Sebagai jamur yang hidup pada tubuh ikan. Jamur ini umumnya tumbuh karena ada cedera yang ada di kulit ikan, jika tidak selekasnya diatasi, karena itu tumbuhlah jamur jamur ini.

penyakit ikan molly
ilustrasi penyakit ikan molly-sparolegnia 

Tanda-tanda Penyakit :

Ikan akan kerap menggesek-gesekan badannya pada benda di sekelilingnya.

Kelihatan serat lembut warna putih dalam tubuh ikan yang sedang terluka.

Langkah Menyembuhkannya :

1. Secara Kimia

Rendamlah ikan dalam larutan Malachite green dengan perbedaan 1 : 200.000 ml sepanjang satu 1/2 jam.

2. Secara Alami

Sama dengan penganganan penyakit Gyrodactylus sp, yakni dengan memakai rebusan sirih, triknya sama :

  • Rebus daun sirih sebanya 20 helai dengan tiga gelas air, rebus sampai air sisa cuman satu gelas saja. Lalu dinginkan dan saran ke akuarium.
  • Beri ramuan daun sirih ini kembali saat lakukan pergantian air.

4. Lerneae sp

Penyakit ikan molly yang ini pemicunya ialah cacing namanya Lerneae sp. Penyakit ini akan serang di bagian kulit daging ikan.

Lerneae sp akan menggerogoti badan ikan sampai alami pendarahan yang menyebabkan cedera pada badannya.

Tanda-tanda Penyakit :

  • Di kulit ikan akan kelihatan ada cacing.
  • Ikan kurus mendadak.
  • Akan kelihatan pendarahan di bagian yang terserang penyakit Lerneae sp.

Langkah Menyembuhkannya :

1. Secara Kimia

  • Rendam ikan molly pada larutan NaCl 20%, kerjakan sepanjang 15 menit.
  • Juga bisa memakai Larutan KmNo4 20 ppm, sepanjang 120 menit

2. Secara Alami

  • Dengan memakai potongan mahkota dewa, irislah sekitar 50 sisi tipis, selanjutnya rebus dengan tiga gelas air (600 cc).
  • Nantikan sampai air sisa 1 gelas. Biarkan sampai dingin, selanjutnya saran ke akuarium. Kerjakan tiap air ditukar.

5. Argulus sp

Penyakit ikan molly yang paling akhir ini disebabkan karena kutu air Argulus sp. Kutu ini akan masuk ke badan mengisap darahnya dan ikan.

Disamping itu ikan bisa menjadi sarang untuk tubmbuh kembang telur - telurnya. Tetapi penyakit ini jarang-jarang dijumpai pada ikan yang dipelihata di akuarium, umumnya ikan yang dipiara di kolam / bak yang kerap terserang penyakit ini.

Tanda-tanda Penyakit :

  • Pada insang akan terlihat ada kutu yang melekat.
  • Ada pendarahan pada sisa gigitan kutu air
  • Kelihatan ada bintik-bintik merah pada perut ikan

Langkah Menyembuhkannya :

1. Secara Alami

Rendamlah ikan ke rendaman garam dapur dengan ukuran 10 - 15 kg / m3 atau 10 - 50 gr per liternya.

2. Secara Alami

  • Pakai cangkang mahkota dewa, irislah sekitar 50 sisi, lalu rebus dengan tiga gelas air dan sisakan air sampai jadi satu gelas saja.
  • Saran ramuan ini ke akuarium / bak tempat untuk memiara ikan molly.